FIRMAN TUHAN SUMBER KEHIDUPAN
Kekuatan, Inspirasi dan Motivasi
Selasa, 25 April 2023

Selamat Pagi ! Sahabat yang baik hati, marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan Firman Tuhan

Mazmur 96:3 (TB) Ceritakanlah kemuliaan-Nya di antara bangsa-bangsa dan perbuatan-perbuatan-Nya yang ajaib di antara segala suku bangsa.

Psalms 96:3 (UKJV) Declare his glory among the heathen, his wonders among all people.

Israel adalah umat pilihan Allah. Sebagai umat pilihan mereka telah mengalami perbuatan Allah yang besar dalam perjalanan sejarah mereka. ALLAH telah bertindak dalam sejarah bangsa Israel. Berbagai mujizat dan perbauatan besar telah terjadi dalam sejarah leluhur bangsa Israel. Perbuatan Allah yang ajaib itu adalah sejarah dan bukti bagaimana kekuasaan Allah melebihi dari kekuatan ilah-ilah yang disembang oleh bangsa asing. Seperti pengalaman Musa menghadapi Mesir dan pendudukan ganah Kanaan yang dipimpin oleh Yosua.

Dalam Mazmur 96 ini merupakan ajakan kepada umat Israel untuk menyanhikan nyanuian baru bagi Tuhan. ALLAH Israel bukanlah hanya melakukan karya yang bwsar di tengah-tengahnumatNya, tetapi Allah yang bertindak di tengah-tengah bangsa lain. Mazmur ini merupakan nyanyian yang menceritakan kebaikan dan segala perbuatan Allah yang menyelamatkan umatNya. Nyanyian yang menceritakan kekuasaan dan kemuliaan Tuhan atas segala bangsa dan alam semesta. Dengan menyanyikan perbuatan Allah, tentu membatinkan makna cerita dalam syair-syair lagu. Ajakan menyanyi ini penting, karena fakta membuktikan setiap orang biasanya selalu mengingat lirik syair lagu favoritnya. Maka demikianlah orang percaya menyanyi bagi Tuhan berarti mengingat segala kebesaran dan kebaikannya.

Ajakan menyanyi bukan sekedar menyanyi, tetapi menyanyikan nyanyian baru bagi Tuhan dengan maksud mensyukuri perbuatan Tuhan karena berkatNya selalu baru bagi kita.

Bagaimana kita mengucap syukur atas segala karya dan perbuatan Tuhan dalam hidup kita? Pemazmur merasakan dan mengalami langsung perbuatan-perbuatan Allah yang ajaib. Pemazmur mengungkapkan alasan untuk bermazmur bagi Tuhan:
– Allah itu pencipta dan pemelihara kehidupan (ay 5)
– Allah adalah sumber keselamatan hari demi hari (ay 2)
– Allah itu penuh kemuliaan dan kuasa-Nya melebihi segala kuasa yang ada dan perbuatannya ajaib mengatasi segala bangsa. (Ay 3-5)
– Allah itu berdaualat atas segala alam (ay 11-12)
– Allah itu hakim yang adil yang akan menghakimi perbuatan setiap orang. (Ay 13

Khusus di dalam ayat 3 ini pemazmur mengajak agar umatNya menceritakan perbuatan Allah di tengah bangsa-bangsa. Ajakan ini bermaksud agar nama Tuhan dimuliakan juga ditengah-tengah bangsa-bangsa. Allah Israel adalah Allah yang maha agung, mulia dan berdaulat atas bangsa-bangsa. Allah tidak bekerja hanya untuk umat Iarael, tetapi Dia adalah Allah atas segala bangsa.

Lebih jauh Pemazmur menyatakan bahwa allah segala bangsa itu adalah hampa, koaong dan tidak ada kekuatan apapun pada mereka. Mazmur 96:5 (TB) Sebab segala allah bangsa-bangsa adalah hampa, tetapi TUHANlah yang menjadikan langit.
Dengan demikian tidak ada yang perlu ditakuti pada ilah bangsa asing. Apa yang mereka sembah adalah hampa yang tidak dapat memberi apa-apa. Hal ini dapat kita bandingkan dengan kisah Elia di bukit Karmel, dimana Elia membuktikan kemaha kuasaan Allah.

Hal ini penting karena dalam perjalanan bangsa Israel mereka selalu takut terhadap ancaman bangsa asing. Ada banyak bangsa-bangsa yang silih berganti menyatakan ancamanbterhadap Israel: Mesir, Babilonia, Assyur, Mesir dll. Mereka silih berganti hendak menahlukkan Israel namun Allah sendirilah yang mi dungi umatNya. Karena itu umat Allah tidak perlu kuatir dan takut saat bangsa-bangsa asing bangkit menyatakan ancaman kepasa bangsa Israel. Allah Israel adalah Allah yang maha kuasa. Jangan sama sekali ragu atas kemahakuasaan Allah.

Sahabat yang baik hati, ajakan pemazmur ini sama dengan ajakan rasul Petrus kepada orang percaya, sebagai umat pilihan Allah dipanggil keluar untuk menceritakan oerbuatan Allah yang ajaib. 1 Petrus 2:9 (TB) Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib:

Sahabatku, kita adalah saksi-saksi yang dipanggil dan dipakai Tuhan memberitakan pernuatanNya yang ajaib di tengah-tengah pekerjaan dan lingkungan kita masing-masing. Dengan kesaksian kita nama Tuhan semakin dimuliakan diantara bangsa-bangsa. Amin

Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak

By redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *