FIRMAN TUHAN SUMBER HIDUP
Kekuatan, Inspirasi dan Motivasi
Kamis, 27 April 2023

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan Firman Tuhan.

Imamat 18:4 (TB) Kamu harus lakukan peraturan-Ku dan harus berpegang pada ketetapan-Ku dengan hidup menurut semuanya itu; Akulah TUHAN, Allahmu.

Leviticus 18:4 (UKJV) All of you shall do my judgments, and keep mine ordinances, to walk therein: I am the LORD your God.

Sahabat yang baik ada pepatah mengatakan, “ala bisa karena terbiasa” pepatah ini mau menekankan bahwa sesuatu yang selalu dilakukan akan menjadikannya seseorang fasih, mahir dalam lakon dan tindakannya. Sekalipun memang kita harus melihat apakah kebiasaan itu adalah suatu kebiasaan yang baik atau kebiasaan yang buruk? Di satu sisi ada juga ungakapan yang mengatakan bahwa “biasakan yang benar bukan membenarkan yang biasa” hal ini sangat penting Sebab, sebuah kebiasaan belum tentu mendapat nilai kebenaran, tatpi sebaliknya sebuah kebenaran sangat sulit untuk dilakukan sebagai sebuah kebiasaan (role mode).

Dr. Maxwell Maltz, seorang dokter mengungkapan dari hasil penelitiannya menjadikan sebuah tindakan menjadi kebiasaan, kita perlu untuk melakukannya secara berulang-ulang paling tidak selama 21 hari.” Teori 21 hari membangun kebiasaan, pertama kali dipopulerkan oleh dan juga pakar transformasi yang menulis buku Psychocybernetics, yang telah menjadi acuan banyak tokoh sukses di dunia. Kehidupan kita dibangun dari kebiasaan-kebiasaan yang kita lakukan setiap hari, apakah itu kebiasaan baik maupun buruk. Kebiasaan-kebiasaan yang kita lakukan itu bagaikan jalinan benang, yang terjalin semakin hari semakin kuat, hingga suatu saat menjadi sebuah tali tambang kuat. Itu sebabnya, tidak mudah untuk mengubah suatu kebiasaan yang sudah dilakukan selama puluhan tahun. Ya, sama seperti mengurai tali tambang menjadi benang.

Sahabat yang baik dalam ayat 4, Tuhan menekankan bahwa bangsa Israel tidak boleh meniru gaya hidup dahulu ketika mereka masih berada di Mesir, dan juga tidak boleh meniru gaya hidup bangsa-bangsa Kanaan, tempat di mana mereka akan tinggal selanjutnya. Tuhan tidak ingin bangsa Israel mengikuti kebiasaan-kebiasaan orang-orang yang tidak mengenal Tuhan. Satu-satunya keinginan Tuhan adalah agar bangsa Israel melakukan peraturan-peraturan yang Tuhan berikan, dan juga berpegang pada ketetapan-ketetapan yang Tuhan berikan.
Mungkin kehidupan kita saat ini seperti bangsa Israel, di mana kebayakan orang di sekitar kita memiliki gaya hidup dan kebiasaan yang tidak sesuai dengan iman kita. Banyak hal-hal yang Alkitab terang-terangan menyatakan sebagai dosa, tetapi karenai dianggap sebagai hal yang biasa. Saat kita dihadapkan dalam kondisi seperti itu, bagaimana reaksi kita? Mampukah kita tampil berbeda dan tidak mengikuti kebiasaan orang lain yang jelas-jelas bertentangan dengan Firman Tuhan? Ingat janji Tuhan, bahwa ketika kita memilih untuk berpegang pada ketetapan dan peraturan Tuhan, maka Tuhan akan memberikan kehidupan kepada kita (ay. 5). Kehidupan tersebut tidak hanya berarti kehidupan yang kita alami di dunia ini, tetapi juga kehidupan kekal di surga kelak (Yoh 3:16).

Sebagai keluarga Kristen, kita wajib untuk selalu bertindak membiasakan yang benar, bukan embenarkan yang biasa. Kalau kita membenarkan yang biasa, maka kita tidak mampu untuk bertindak benar. Tetapi kalau membiasakan yang benar, maka hidup kita menjadi tentram dan menjadi berkat bagi banyak orang.

Memang membiasakan yang benar tidaklah mudah, banyak tantangan dan bukan tidak mungkin ada banyak yang tidak menyukai kita. Tetapi kita harus lebih memilih menyenangkan hati Tuhan Yesus, daripada menyenangkan manusia.
Sebab kalau kita hanya suka menyenangkan manusia, kita pasti akan kecewa, tetapi menyenangkan Tuhan membuat kita bersukacita senantiasa dan hati, serta hidup kita selalu selalu merasa tenang dan damai.

Selamat berkatifitas, Tuhan menjadi penuntun kehidupan kita. Tuhan memberkati. Amin

Salam dari tim: RS

By redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *